RIVAN CANARY FARM

Penangkaran perawatan dan hal positif lainnya berada disini

CERITA ANAK BURUNG PERKUTUT

Teman-teman semua, kali ini saya akan berbagi cerita tentang anak burung perkutut yang kabur.Pada awalnya saya melihat dia di kandang aviary biasa saja, tidak ada perhatian khusus.Tapi beberapa hari kemudian dia selalu ada dibawah,dia tidak bertengger di dahan. Saya perhatikan ternyata kakinya terlilit oleh benang,dan bingungnya darimana benang itu berasal? Setelah itu saya langsung masuk ke kandang lalu membawanya keluar kandang dan keadaan kakinya sangat memprihatinkan.Kedua kakinya terlilit seperti halnya di borgol,burung ini sangat tidak berkutik.Lalu saya ambil gunting,tisu,dan betadine untuk mengobati lukanya. Langkah pertama saya berhasil memutus benang tersebut pada kaki bagian kanan, tapi kaki bagian kirinya terdapat luka yang sangat parah sekali.Salah satu jarinya telah mati/buruk dan bernanah juga.Benang itu sangat melilit kaki bagian kiri dan cara untuk melepasnya saya potong jarinya yang sudah mati itu. Tapi sayangnya ketika saya berusaha untuk memutus benang pada kaki kirinya, dia nampak terlihat kesakitan dan dia memberontak.Tangan saya tidak mampu menahannya karena dia berusaha melarikan diri,dan akhirnya dia pun lepas dari genggaman tangan,
lalu terbang lepas bersama kakinya yang terluka. Saya sangat menyesal karena tidak bisa tuntas untuk mengobati lukanya.
Berikut gambar luka pada kaki burung perkutut tersebut:


infeksi pada kaki burung perkutut
Jari yang telah dipotong
setelah jarinya dipotong

No comments:

Post a Comment

Followers

Twitter

visitor