RIVAN CANARY FARM

Penangkaran perawatan dan hal positif lainnya berada disini

KUTU PEMBAWA KEPANIKAN

Bicara masalah kutu yang terbayang di benak kita pasti hewan yang bertubuh kecil dan hinggap dirambut/bulu manusia atau hewan lainnya. Ya memang kutu itu kecil, dan saking kecilnya kita tidak bisa melihat dengan mata kita.

Pada burung kenari, kutu sangat berbahaya bagi kenari itu sendiri. Mengapa? Karena kutu tersebut bisa membuat bulu-bulu yang indah pada kenari menjadi rontok. Tidak pada burung kenari saja, tapi pada burung yang lainnya juga. Disini saya akan membahas kutu pada burung kenari.

Seperti burung kenari saya yang terkena kutu, bulu di kepalanya hampir saja rontok disebabkan kutu nakal itu. Beberapa akibat dari kutu pada burung kenari saya antara lain kenari menjadi jarang berkicau,sering menggaruk pada daerah yang gatal,bulu menjadi rontok,kenari sering mengembangkan bulunya,kenari jadi murung,tidak bergairah bila di jodohkan,dan pada kenari betina saya yang gagal bertelur disebabkan tidak fit akibat kutu.

Setelah itu saya di anjurkan membeli obat anti kutu oleh om saya kebetulan si om punya banyak burung kenari juga. Obat itu serbuk berwarna putih,dan setelah itu saya campurkan obat itu ke alat semprotan burung yang berisi air, dan setelah itu dikocok.Saya tempatkan burung kenari itu di tempat menjemur.Sebelumnya saya sudah memisahkan tempat makan dan air dari sangkar.Lalu saya semprotkan obat kutu itu ke burung kenari dan pada sangkarnya juga.Wajib sekali sangkar burung harus di semprot keseluruhan karena kutu biasanya berada di sela sela sangkar.Setelah penyemprotan,saya perhatikan burung kenari saya terlihat segar dan lebih fit. Proses penyemprotan anti kutu ini harus dilakukan berturut turut,minimal 3hari kedepan kalau bisa 1minggu dan jangan lupa sambil dijemur.Itulah pengalaman saya dalam masalah membasmi kutu pada burung kenari, semoga bisa bermanfaat dan maaf bila banyak kesalahan dalam artikel ini.

2 comments:

Followers

Twitter

visitor